Posted on

8 Manfaat Sumber Daya Alam

manfaat-sumber-daya-alam

Salah satu hal yang membuat manusia bisa bertahan hidup ialah keberadaan sumber daya alam. Sesuai dengan pengertiannya, sumber daya alam ini merupakan berbagai hal yang ada di atau bersumber dari alam serta bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk menunjang keberlangsungan hidup manusia. Dengan demikian, sangat jelas bahwa manfaat sumber daya alam ini sangat besar.

Biasanya, manusia menggunakan sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, tidak heran bila dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak manusia yang melakukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkannya.

Sebagai Cadangan Devisa Bagi Negara yang Memilikinya

Devisa merupakan berbagai barang yang bisa dimanfaatkan sebagai alat pembayaran internasional. Devisa juga bisa dianggap sebagai kekayaan yang bentuknya berupa mata uang asing yang dimiliki oleh negara. Pastinya, mata uang asing tersebut adalah mata uang yang diakui oleh berbagai negara di dunia.

Kemudian jika menyinggung soal cadangan devisa, ini merupakan salah satu indikator yang akan menunjukkan lemah kuatnya perekonomian suatu negara. Sementara sumber daya alam itu kan adalah potensi penting yang dimiliki oleh suatu negara dan salah satunya untuk menciptakan devisa tersebut.

Tanpa adanya sumber daya alam ini, jelas suatu negara tidak akan mampu mencukupi kebutuhan warganya. Akibat dari adanya kebutuhan ini pula nanti akan muncul yang namanya kegiatan ekspor dan impor. Transaksi ekspor dan impor yang dilakukan secara besar-besaran ini juga yang nantinya akan menghasilkan devisa.

Biasanya, sumber daya alam yang diandalkan untuk devisa ini ialah yang paling banyak didapat, nilai jualnya tinggi, dibutuhkan oleh orang lain dan bisa diandalkan dari masa ke masa. Dengan kata lain, devisa bisa saja tidak diperoleh apabila suatu negara tidak mempunyai sumber daya alam yang tidak dapat diandalkan untuk itu.

Demikian pula apabila suatu negara yang mempunyai sumber daya alam memerlukan dana, sumber daya alam tersebut bisa dikomersilkan sehingga memperoleh keuntungan.

Baca juga: Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sebagai Sumber Mata Pencaharian

Mata pencaharian merupakan pekerjaan utama yang dilakukan demi mendapatkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Mata pencaharian bisa dikatakan juga sebagai pekerjaan yang menjadi pokok penghidupan atau berbagai aktifitas manusia dalam menggunakan dan memberdayakan potensi sumber daya alam.

Mata pencaharian manusia yang terkait dengan sumber daya alam ini banyak macamnya. Mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan lain sebagainya.

Dari apa yang dilakukannya inilah (menanam tanaman, memelihara hewan ternak dan menambang bahan tambang) manusia bisa memperoleh biaya atau barang yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Untuk Menjaga Keseimbangan Alam

Manfaat sumber daya alam yang lainnya ialah untuk menjaga keseimbangan alam. Manfaat ini menjadi lebih besar lagi karena jika keseimbangan alam terjaga, maka kehidupan manusia tidak terancam. Oleh sebab itu tidak heran jika di sekolah dasar bahkan sudah diajarkan untuk tidak mengeksploitasi alam secara berlebihan, apalagi jika tidak diikuti dengan tindakan pelestariannya.

Apabila manusia tidak mengindahkan hal tersebut, tentu wajar jika kemudian sumber daya alam menjadi rusak bahkan habis. Wajar juga jika kemudian terjadi bencana alam yang bisa dimulai dari berubahnya iklim dengan cepat.

Sebagai Penyuplai Oksigen

Bukan hanya alam yang seimbang yang dibutuhkan oleh manusia, tetapi oksigen juga. Bisa dikatakan bahwa oksigen ini adalah unsur yang begitu penting bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi. Untuk manusia sendiri, oksigen ini sangat diperlukan agar bisa bernafas dan hidup.

Artinya, jika kemudian oksigen ini menghilang maka manusia dan makhluk hidup lainnya tidak akan bisa bertahan sehingga kemungkinan besar akan terjadi kepunahan. Oksigen ini sendiri salah satunya dihasilkan oleh sumber daya alam khususnya tumbuh-tumbuhan.

Tumbuh-tumbuhan ini juga sebenarnya termasuk dalam jenis sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Oleh sebab itu, manusia harus mengupayakan kelestariannya supaya penyuplai utama oksigen di bumi ini tetap ada dan setiap makhluk hidup juga bisa mempertahankan hidupnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya

Sebagai Sarana Untuk Membantu Pengembangan Teknologi

Teknologi adalah hal yang akan terus berkembang tanpa henti. Teknologi ini telah memberikan banyak keuntungan pada manusia termasuk dalam hal membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Pastinya, teknologi ini masih diupayakan untuk menjadi lebih canggih dan dalam upaya tersebut, tentu diperlukan sumber daya alam.

Bisa dikatakan dalam pengembangan teknologi, sumber daya alam merupakan unsur yang amat penting. Pasalnya, dalam proses penelitian ataupun proses produksi suatu teknologi, sumber daya alam diperlukan untuk menyelesaikannya sehingga kemudian teknologi tersebut bisa dipastikan akan memberikan manfaat bagi manusia.

Sebagai Sumber Energi Pembangkit Listrik

Manfaat sumber daya alam lainnya yang juga tidak kalah penting ialah sebagai sumber energi untuk membangkitkan listrik. Anda tentu sudah tahu bahwa listrik di masa sekarang juga termasuk hal yang dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan banyak pekerjaan. Bahkan pekerjaan rumah tangga juga ada yang memerlukan listrik seperti mencuci dan memasak.

Ada beberapa sumber daya alam yang bisa dijadikan sumber energi pembangkit listrik, diantaranya ialah air. Anda sudah pernah dengan soal PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air bukan? Sesuai dengan namanya itu, pembangkit listrik satu ini memanfaatkan arus air dalam mendorong dan menggerakkan turbin.

Oleh sebab itu, pembangkit listrik tenaga air umumnya dipasang di dekat sumber air yang cukup deras misalnya sungai yang alirannya deras, waduk atau bendungan. Selain PLTA, ada juga PLTD atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel. Pembangkit listrik satu ini memanfaatkan minyak sebagai bahan bakarnya.

Sayangnya, PLTD lebih tidak ramah bagi lingkungan apalagi jika mengingat minyak yang termasuk dalam kategori sumber energi yang tidak bisa diperbaharui. Tentunya masih ada jenis sumber daya alam lain yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik.

Sebagai Sumber Bahan Bakar Serta Energi

Masih berhubungan dengan manfaat sumber daya alam yang sebelumnya, kali ini sumber daya alam bisa dijadikan sebagai bahan bakar sekaligus sumber energi untuk menunjang kebutuhan industri maupun kebutuhan sehari-hari. Ada cukup banyak sumber daya alam yang bisa digunakan untuk ini.

Misalnya saja bahan bakar fosil yang terdiri atas batu bara, minyak bumi serta gas alam. Bahan bakar fosil tersebut bisa dijadikan sebagai sumber energi untuk membangkitkan listrik. Bisa juga digunakan untuk menghidupkan kendaraan bermotor, kompor dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, energi matahari bahkan angin sekarang juga sudah mulai dimanfaatkan sebagai sumber energi. Keduanya dimanfaatkan sebagai pengganti minyak bumi dan juga gas.

Sebagai Sarana Untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan Bagi Manusia

Salah satu manfaat dari sumber daya alam yang paling utama ialah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia akan pangan. Sumber daya alam yang dimaksudkan di sini ialah tumbuh-tumbuhan dan juga hewan. Kebanyakan tumbuhan dan hewan tersebut diolah dengan cara tertentu terlebih dahulu sehingga tidak berbahaya saat dikonsumsi.

Mengingat begitu besarnya manfaat dari sumber daya alam untuk kehidupan, sudah sewajarnya setiap manusia memikirkan kelestariannya. Dengan begini, manusia tidak akan lagi mengeksplor sumber daya alam habis-habisan sehingga kehidupannya dan kehidupan generasi yang akan datang lebih terjamin. Semoga bermanfaat.