Posted on

Kesenjangan Sosial: Faktor, Dampak, Contoh dan Cara Mengatasinya

pengertian-dan-cara-mengatasi-kesenjangan-sosial

Ekonomi termasuk sebagai hal yang paling penting bagi masyarakat maupun negara. Namun, tidak semua individu memiliki kondisi ekonomi yang baik. Ada masyarakat dengan tingkat ekonomi yang tinggi, namun ada yang digolongkan dengan kategori rendah. Perbedaan yang ada di masyarakat merupakan kesenjangan sosial ekonomi yang nyata.

Kesenjangan sosial bisa menimbulkan berbagai masalah yang lainnya. Apabila tidak bisa dikendalikan atau diatasi, permasalahan yang terjadi akan semakin besar. Kondisi muncul akibat berbagai macam faktor dan sebagai pemegang kepentingan pemerintah perlu melakukan sebuah tindakan.

Pengertian Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial adalah keadaan yang timpang di dalam kehidupan masyarakat atau adanya ketidakseimbangan. Ketimpangan tersebut bisa dialami oleh individu atau kelompok masyarakat akibat adanya ketidaksetaraan distribusi hal-hal penting. Kesenjangan sosial sering dihubungkan dengan perbedaan pada tingkat ekonomi masyarakat, seperti kepemilikan harta, barang, dan sebagainya.

Kesenjangan sosial yang terjadi dapat dilihat dengan adanya peluang yang tidak sama untuk posisi tingkatan sosial yang berbeda.

Baca juga: Nilai Sosial

Faktor Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial tidak terjadi dengan sendirinya. Walaupun ada banyak contoh kesenjangan sosial yang terjadi, namun masih banyak orang yang belum memahami mengenai kesenjangan sosial dan penyebab terjadi masalah tersebut. Berikut merupakan beberapa faktor penyebab kesenjangan sosial di masyarakat, yaitu:

Perbedaan Sumber Daya Alam

Perekonomian daerah sangat dipengaruhi oleh SDA yang ada di daerah tersebut. Apabila SDA dikelola dengan sungguh-sungguh, maka tingkat perekonomian juga akan meningkat. Daerah dengan jumlah SDA yang menurun atau bahkan kekurangan akan mempengaruhi perekonomian daerahnya sendiri.

Pengaruh Globalisasi

Globalisasi memiliki banyak dampak bagi kehidupan, salah satunya membuat kehidupan menjadi lebih maju. Tetapi, keberadaan globalisasi juga memicu timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat. Kesenjangan ini 3dapat terjadi jika masyarakat tidak mampu beradaptasi dan tidak dapat memanfaatkan kemajuan yang ada dengan baik.

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah dapat menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan timbulnya kesenjangan sosial. Misalnya, program transmigrasi. Masyarakat pendatang biasanya lebih cepat berkembang dan sukses dibandingkan masyarakat asli daerah tersebut. Peluang besar yang diberikan pada pendatang membuat masyarakat dapat berkembang secara cepat.

Hal tersebut memicu kesenjangan sosial antar kelompok masyarakat yang tinggal di daerah yang sama.

Letak dan Kondisi Geografis

Pembangunan pada suatu daerah akan dipengaruhi oleh letak serta kondisi geografis. Masyarakat yang hidup pada dataran tinggi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengembangkan infrastruktur dibandingkan masyarakat yang ada di dataran rendah. Hal tersebut menjadikan masyarakat yang tinggal di dataran tinggi lebih lambat berkembang daripada masyarakat dataran rendah.

Faktor letak dan kondisi geografis tersebut akhirnya menjadi pemicu kesenjangan sosial antar masyarakat.

Baca juga: Pengendalian Sosial

Kondisi Demografis

Pertumbuhan masyarakat, kesehatan, pekerjaan, pendidikan, serta struktur kependudukan akan memperlihatkan kondisi demografis pada suatu daerah. Keadaan demografis di suatu daerah yang berbeda dengan daerah lain akan menimbulkan kesenjangan sosial. Karena produktivitas kerja di suatu daerah tidak sama dengan daerah lainnya.

Dampak Kesenjangan Sosial Ekonomi

Dampak yang timbul akibat kesenjangan sosial cenderung negatif. Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh kesenjangan sosial dalam masyarakat, yaitu:

Pengangguran dan Kemiskinan

Kesenjangan sosial ekonomi bisa dilihat jelas dengan angka pengangguran dan kemiskinan yang meningkat. Apabila masyarakat tanpa pekerjaan dan dikategorikan miskin menjadi mayoritas dalam suatu negara, maka pendapatan yang diperoleh oleh orang-orang tersebut juga rendah.

Pendapatan yang rendah dan tidak pasti membuat daya beli masyarakat terhadap barang-barang sekunder akan menurun. Hal tersebut dapat menimbulkan keuntungan yang tidak optimal pada perusahaan.

Munculnya Tindak Kejahatan

Jika melihat berita, setiap hari pasti ada kasus kejahatan yang terjadi. Tingginya tindak kejahatan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat muncul akibat adanya masalah keuangan yang mengakibatkan kesenjangan sosial. Hingga detik ini, ekonomi merupakan faktor yang paling besar dalam menyebabkan individu atau kelompok berbuat tindakan kejahatan.

Susah Mencari Tenaga Kerja yang Berkualitas

Walaupun jumlah pengangguran di Indonesia cukup banyak, tetapi masih banyak perusahaan atau tempat kerja yang sulit memperoleh tenaga kerja dengan kualifikasi yang bagus. Kesenjangan sosial menjadi sebab kualitas dan tingkat pendidikan masyarakat rendah dan di bawah rata-rata.

Walaupun banyak masyarakat dengan gelar sarjana, tetapi pada realita keahlian tersebut belum dibutuhkan atau bahkan belum dimiliki oleh individu tersebut.

Target Pasar yang Tidak Jelas

Ketimpangan yang terjadi dalam masyarakat membuat target pasar yang dibuat oleh perusahaan menjadi tidak jelas. Apabila perusahaan memiliki target pasar untuk kalangan masyarakat tingkat menengah ke bawah, maka hal tersebut bisa merugikan perusahaan akibat daya beli yang tidak stabil.

Namun, jika perusahaan menetapkan masyarakat kelas menengah ke atas sebagai target pasar juga belum tentu menjamin perusahaan mendapatkan keuntungan. Kejadian tersebut bisa saja terjadi jika kecenderungan masyarakat menengah ke atas banyak membeli produk luar negeri.

Baca juga: Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Contoh Kesenjangan Sosial

Ada banyak contoh kesenjangan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh kesenjangan sosial, yaitu:

  1. Pemberian hukuman kepada koruptor selama 2 tahun penjara, sementara itu pencuri buah ditetapkan hukuman 3 tahun penjara.
  2. Perlakukan istimewa terhadap anak guru atau anak petinggi sekolah.
  3. Ketidakadilan bagi buruh perempuan yang diberi upah lebih sedikit daripada buruh laki-laki.
  4. Perhatian pemerintah yang masih minim dalam penyediaan fasilitas umum untuk penyandang disabilitas.
  5. Bebas dari hukuman tilang bagi orang-orang yang memiliki akses dengan pihak kepolisian.
  6. Perlakuan yang berbeda antara konsumen dengan penampilan seperti orang kaya dan konsumen yang berpenampilan biasa di suatu tempat belanja.
  7. Murid yang pintar diperlakukan secara istimewa oleh guru dibandingkan dengan murid biasa.
  8. Pemberian fasilitas sekolah yang berbeda untuk si kaya dan si miskin.
  9. Pemberian layanan kesehatan di rumah sakit yang berbeda untuk pasien kaya dan pasien miskin yang menggunakan kartu bantuan pemerintah.

Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial merupakan sebuah masalah yang nyata dan memerlukan solusi untuk mengatasinya. Solusi ini diperlukan pemerintah agar bisa memberantas masalah kesenjangan sosial yang sudah lama terjadi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial, yaitu:

  1. Masalah pendidikan harus diutamakan dan diperhatikan agar setiap anak memiliki akses yang mudah untuk memperoleh pendidikan.
  2. Meningkatkan sistem keadilan serta melakukan pengawasan terhadap mafia hukum.
  3. Membuka banyak lapangan pekerjaan untuk mengurangi masalah pengangguran.
  4. Meminimalisir KKN yang terjadi di Indonesia.
  5. Memberantas masalah korupsi untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.
  6. Akses kesehatan, informasi, dan pendidikan gratis untuk mempercepat pembangunan di desa atau daerah yang tertinggal.
  7. Pemberian modal bagi masyarakat yang memerlukan untuk mendirikan usaha sebagai alternatif mata pencaharian.
  8. Penekanan kebijakan pemerintah dalam hal perbaikan serta peningkatan infrastruktur desa.

Masalah ekonomi bisa dikatakan sebagai masalah utama yang menciptakan adanya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat. Ketimpangan yang nyata antara individu satu dengan individu lainnya merupakan salah satu contoh nyata dari kesenjangan sosial. Pemerintah dan masyarakat harus bisa bekerja bersama-sama untuk mengatasi masalah ini agar tidak menjadi semakin besar.