Posted on

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Anda tentu sudah pernah mendengar kata sumber daya alam bukan? Secara singkat, sumber daya alam ini bisa dianggap sebagai berbagai hal yang bisa ditemukan di alam sekaligus bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk menunjang hidupnya.

Jenis-jenis sumber daya alam ini bermacam-macam, namun pada dasarnya berupa benda hidup atau hayati dan benda mati atau non-hayati.

Lebih lanjut lagi, macam-macam sumber daya alam dapat digolongkan berdasarkan kategori tertentu. Masing-masing jenis tersebut juga mempunyai contoh tersendiri yang bisa Anda ketahui lebih lanjut di bawah ini.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Contohnya

Jenis Sumber Daya Alam Dengan Melihat Sifatnya

Jika melihat sumber daya alam berdasarkan sifatnya, lebih tepatnya sifat kelestariannya, maka sumber daya alam itu bisa dikelompokkan dalam 3 jenis yakni renewable resources, unrenewable resources dan continuous atau flow resources. Penjelasannya kurang lebih sebagai berikut.

Renewable resources

Renewable resources sejatinya merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Dengan kata lain, jenis sumber daya alam satu ini tidak akan habis walaupun dipakai terus menerus karena masih bisa diproduksi kembali. Akan tetapi, jumlah serta kualitasnya akan tergantung kepada pengelolanya.

Oleh sebab itu, persediaan sumber daya alam satu ini ada tiga kemungkinan yaitu menurun, lestari atau justru meningkat. Contoh dalam hal ini ialah hewan, tanah, tumbuhan, air, panas bumi dan masih banyak lagi.

Baca juga: Contoh Kegiatan Ekonomi dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam

Unrenewable resources

Kebalikan dari renewable resources, unrenewable resources merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Sumber daya alam ini tidak bisa diperbarui karena tidak bisa diproduksi ulang sehingga ada kemungkinan akan habis suatu saat nanti. Contoh dalam hal ini gas alam, batu bara, minyak bumi, logam mulia serta bahan mineral.

Continuous atau flow resources

Sementara untuk continuous atau flow resources merupakan sumber daya alam yang tidak akan habis. Artinya, sumber daya alam satu ini akan selalu tersedia secara berkelanjutan dan jumlahnya tidak terbatas. Contoh yang paling mudah adalah energi matahari, energi pasang surut dan lain sebagainya.

Baca juga 8 Manfaat Sumber Daya Alam

Jenis Sumber Daya Alam Dengan Melihat Jenisnya

Kalau berdasarkan jenisnya, ini sudah seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu sumber daya alam hayati atau biotik atau yang biasa disebut juga dengan sumber daya alam organik dan sumber daya alam non hayati atau abiotik atau yang biasa disebut juga dengan sumber daya alam anorganik.

  1. Sumber daya alam hayati atau biotik ialah sumber daya alam yang hidup, artinya berasal dari makhluk hidup dan dalam hal ini terdiri atas hewan serta tumbuhan. Nantinya, sumber daya alam hayati ini bisa dibagi menjadi 2 yaitu sumber daya yang asalnya dari binatang atau hewan seperti daging, ikan dan telur serta sumber daya yang asalnya dari tumbuhan
  2. Sumber daya alam non hayati atau abiotik ialah sumber daya alam yang tidak hidup, artinya berasal dari benda-benda mati. Contohnya dalam hal ini adalah air, tanah, udara, hasil tambang, sinar matahari dan lain sebagainya.

Jenis Sumber Daya Alam Dengan Melihat Pembentukannya

Jenis-jenis sumber daya alam jika dilihat dari pembentukannya, ada empat jenis. Keempatnya tersebut ialah sumber daya alam materi, energi, ruang dan waktu. Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Sumber daya alam materi merupakan sebutan untuk sumber daya alam yang terdiri atas benda mati. Sumber daya alam ini bisa diperoleh dari alam secara langsung. Umumnya prosesnya melalui penambangan serta pengolahan sehingga nanti bisa digunakan untuk menunjang kehidupan manusia.
  2. Sumber daya alam energi merupakan sumber daya alam yang mampu menghasilkan energi. Energi ini nantinya juga bisa digunakan untuk menunjang kehidupan. Contohnya sinar matahari, udara, air, gas bumi, batu bara dan minyak bumi
  3. Sumber daya ruang ialah sumber daya alam yang wujudnya berupa tempat, ruang atau wilayah yang dapat digunakan untuk menunjang hidup manusia. Namun, sumber daya alam satu ini akan dipengaruhi oleh sejumlah hal seperti topografi, letak astronomis serta relief. Contohnya gunung dan lembah.
  4. Sumber daya waktu merupakan sumber daya yang keberadaannya akan dipengaruhi dan tergantung oleh musim atau waktu. Contoh yang paling mudah adalah musim penghujan dan musim kemarau. Ketika musim penghujan, air akan tersedia sangat banyak bahkan di beberapa daerah sampai berlebihan. Tetapi di musim kemarau, air menjadi cukup sulit ditemukan.

Baca juga: Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

Jenis Sumber Daya Alam Dengan Melihat Daya Pakai Serta Nilai Ekonomisnya

Jika didasarkan pada daya pakai dan juga nilai ekonomisnya, maka sumber daya alam hanya ada dua, yakni sumber daya alam yang ekonomis dan sumber daya alam yang non ekonomis. Ekonomis di sini artinya mempunyai nilai jual ya. Penjelasannya sebagai berikut.

  1. Sumber daya alam ekonomis yaitu sumber daya alam yang mempunyai nilai ekonomi, atau dengan kata lain mempunyai nilai jual. Contohnya ialah batu bara, minyak bumi, logam mulia seperti emas dan perak dan lain sebagainya.
  2. Sumber daya alam non ekonomis ialah sumber daya alam yang tidak mempunyai nilai ekonomi, atau dengan kata lain tidak mempunyai nilai jual. Biasanya, penyebab sumber daya alam tidak memiliki nilai ekonomis tersebut karena cara memperolehnya yang cenderung mudah, bahkan bisa didapatkan langsung dari alam tanpa harus melakukan proses apapun. Misalnya udara.

Jenis Sumber Daya Alam Dengan Melihat Lokasinya

Sumber daya alam juga bisa dibedakan dengan berdasarkan lokasinya. Dalam hal ini akan ada dua jenis, yakni sumber daya alam akuatik dan sumber daya alam terestrial.

  1. Sumber daya alam akuatik adalah SDA yang hanya dapat Anda jumpai di daerah perairan. Contoh mudahnya udang, terumbu karang, rumput laut, ikan dan lain sebagainya
  2. Sumber daya alam terestrial adalah SDA yang hanya dapat Anda jumpai di daratan. Contohnya seperti bahan tambang, hasil hutan, hewan-hewan yang hanya bisa hidup di darat dan lain sebagainya

Jenis Sumber Daya Alam Dengan Melihat Kegunaannya

Sementara jika dilihat dari kegunaannya, sumber daya alam juga ada dua kelompok yakni yang menghasilkan energi dan yang menghasilkan bahan baku. Contohnya juga banyak tersedia di alam dan beberapa diantaranya sebagai berikut:

  1. Sumber daya alam penghasil energi ini adalah sumber daya alam yang mampu menciptakan energi yang bermanfaat untuk hidup manusia, misalnya untuk menggerakkan kendaraan, menggerakkan mesin industri, memasak dan sejumlah aktifitas lainnya. Contoh dalam hal ini adalah ombak atau gelombang laut, gas bumi, angin atau udara, sinar matahari dan air
  2. Sumber daya alam penghasil bahan baku ialah sumber daya alam yang akan menghasilkan barang atau produk bernilai jual atau mempunyai nilai guna. Dengan kata lain, ini adalah sumber daya alam yang akan menghasilkan bahan baku guna menciptakan produk lain yang manfaatnya lebih tinggi. Contohnya hasil hutan, hasil perkebunan dan hasil pertanian

Ada cukup banyak jenis-jenis sumber daya alam bukan? Agar lebih mudah mengingatnya, Anda dapat mencatat penjelasan tersebut dalam bentuk bagan. Kemudian terkait dengan pemanfaatan sumber daya alam, jangan dilakukan secara maksimal.

Cukup ambil sesuai kebutuhan dan jangan lupa terapkan pula prinsip pemanfaatan sumber daya alam yang terdiri atas selektif, pelestarian, penghematan dan memperbaharui.