Posted on

8 Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Dalam hidup, ada beberapa sumber daya yang menopang kehidupan di sekitar Anda. Tujuannya sudah jelas agar hidup berlangsung dengan nyaman. Berikut informasi tentang 8 contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan manfaatnya.

Pengertian sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah potensi alam yang ada disekitar namun kuantitasnya terbatas. Tanpa adanya sumber daya alam sendiri, akan berdampak pada keberlangsungan hidup umat manusia. Yuk intip penjelasan lengkapnya!

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Jumlah dari sumber daya yang tidak dapat diperbaharui sangat terbatas, tidak seperti sumber daya yang dapat diperbaharui yang sangat banyak tersedia di alam. Berikut penjelasan terkait simpulan dari 8 contohnya beserta manfaat.

1. Minyak Bumi

Seringkali kita tidak terlalu memikirkan tentang keberadaan sumber daya alam yang selalu kita butuhkan sehari-hari.

Minyak bumi adalah salah satu alat untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti untuk mengoperasikan kendaraan. Minyak bumi sendiri terbentuk dari fosil makhluk hidup yang tersimpan lama pada zaman purba yang mana ditemukan pada cekungan atau dasar laut.

Minyak bumi bisa didapatkan ketika melakukan pengeboran dan pemipaan terlebih dahulu. Sebagai contoh hasil olahan minyak bumi adalah seperti bensin, solar, parafin, kerosin, aspal, oli hingga elpiji.

Baca tentang manfaat sumber daya alam bagi kehidupan manusia.

2. Bahan Mineral

Sumber daya alam yang selanjutnya adalah bahan mineral. Hasilnya diperoleh dari pengolahan tambang. Ada beberapa contoh bahan mineral itu sendiri seperti aluminium, timah, fosfat, belerang, besi dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, beda besi begitu pula dengan aluminium. Walau hampir terlihat sama, namun sebenarnya aluminium sendiri anti karat, lebih ringan dan mudah dibentuk. Contohnya yaitu seperti panci, pisau atau badan pesawat.

Berasal dari galian bauksit kemudian dimurnikan dan diolah, maka didapatkan beberapa sumber daya alam yang mana salah satunya aluminium ini.

3. Batu Bara

Apakah batu bara dapat diperbaharui? Tentu jawabannya tidak. Karena batu bara dihasilkan dari dekomposisi tumbuhan dalam kurun waktu ribuan tahun. Perlu Anda ketahui? Batu bara merupakan sumber daya utama yang sangat dibutuhkan, seperti sumber pembangkit listrik, kapal uap dan lokomotif uap.

Hal ini masih menjadi ketergantungan bagi negara berkembang, salah satunya Indonesia. Karena dalam prosesnya tidak membutuhkan banyak alat yang super canggih.

Baca tentang jenis sumber daya alam yang ada di dunia.

4. Logam Mulia

Untuk contoh sumber daya alam yang selanjutnya adalah logam mulia. Logam mulia sendiri merupakan sebuah logam yang punya ketahanan pada oksidasi dan korosi. Dalam masalah harga untuk logam mulia sendiri sangat mahal dan langka.

Manfaat dari logam mulia itu sendiri untuk pelapis bahan, untuk anti karat, perhiasan bahkan nilai tukar. Contohnya adalah emas, perak, platina, tembaga dan masih banyak lagi.

5. Gas Alam

Kemudian yang selanjutnya ada gas alam. Gas alam terbentuk dari hasil dekomposisi tumbuhan maupun hewan yang ribuan tahun terpapar suhu dan tekanan yang ekstrim. Salah satu contohnya adalah minyak, yang dapat ditemukan pada lipatan batuan pada bumi dan cekungan.

Walaupun terbilang caranya sama dengan minyak bumi yaitu pengeboran dan pemipaan, namun pengambilannya berbeda. Lebih pada pipa yang digunakan beda, dan gas alam ini juga digunakan untuk pembangkit listrik pada generasi baru.

6. Batu Granit

Dalam pembuatan rumah maupun kantor biasanya menggunakan sumber daya alam ini, yaitu batu granit. Sumber daya yang didapatkan dari batuan kecil yang kemudian mengeras dikarenakan suhu yang tinggi di bagian atas, sedangkan rendah di bawahnya secara terus menerus.

Tidak hanya itu, biasanya batu granit didapatkan dari bentukan magma yang mengeras. Maka dari itu batuan granit dimasukkan sebagai sumber daya yang sukar diperbaharui.

Baca tentang cara mengatasi kelangkaan sumber daya.

7. Material Nuklir

Bagaimana pemikiran Anda ketika mendengar kata Nuklir? Benar sekali, pasti tentang bom dan sebagainya. Tapi tentunya nuklir ini bisa digunakan untuk pembangkit listrik, karena sumber energi lebih besar dihasilkan ketimbang pembangkit yang lain.

Material Nuklir dikategorikan sebagai sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, tentunya karena bahan bakar dan material radioaktif dapat habis. Jadi pelestarian skala besar harus sangat diperhatikan.

8. Air Akuifer

Tidak seperti sumber daya alam sebelumnya, yang selanjutnya adalah air akuifer yang memiliki kemungkinan dapat diperbaharui. Namun sebagian besar hasil dari air akuifer ini sukar didapatkan, karena proses yang lama dan ada yang tidak mudah untuk terisi kembali.

Air ini biasanya ditemukan pada cekungan sebuah lipatan batuan. Air akuifer sendiri merupakan air yang dibatasi sebuah lapisan impermeable yang mana sebelum air tersebut dapat digunakan.

Semua sumber daya alam yang sukar diperbaharui diatas merupakan sumber daya yang sukar ditemukan disekitar Anda. Karena bukan hanya jumlahnya yang terbatas, saat ini hampir beberapa sumber daya alam sudah hampir habis.

Sebagai manusia yang baik, sebaiknya mencoba bekerja sama untuk menjaga kelestarian dengan bijak dalam penggunaannya. Semoga artikel terkait contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui diatas bermanfaat bagi Anda.