Posted on

7 Contoh Kelangkaan Ekonomi di Indonesia

pengertian-dan-cara-mengatasi-kesenjangan-sosial

Kelangkaan adalah masalah ekonomi dimana kebutuhan manusia yang semakin banyak, namun alat pemenuh kebutuhan terbatas. Kelangkaan sendiri bisa terjadi disebabkan oleh banyak faktor kelangkaan seperti perbedaan geografis, bencana alam, pertumbuhan penduduk yang pesat dan masih banyak lagi.

Dampak dari kelangkaan tersebut pun sangat banyak. Lalu, apa saja contoh kelangkaan ekonomi? Simak ulasan berikut ini.

Contoh Kelangkaan Ekonomi di Indonesia

Kelangkaan ekonomi sendiri ada banyak jenisnya. Yaitu ada kelangkaan sumber daya manusia, kelangkaan sumber daya kewirausahaan, kelangkaan sumber daya alam serta kelangkaan sumber daya pada modal. Hal tersebut dilatarbelakangi banyak faktor kelangkaan ekonomi. Lalu, apa saja contoh kelangkaan ekonomi? Simak ulasan berikut ini.

Selanjutnya yaitu ada beberapa contoh dari kelangkaan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Mungkin beberapa contoh dari kelangkaan tersebut sudah Anda rasakan saat ini. Beberapa contoh kelangkaan ekonomi di Indonesia yaitu

1. Kelangkaan BBM atau bahan bakar Minyak di Indonesia

Seperti yang Anda ketahui jika BBM sering kali mengalami kenaikan harga. Di beberapa daerah, BBM bahkan sangat langka dan sulit ditemukan. Langkanya BBM di beberapa daerah menyebabkan harganya pun mahal di daerah tersebut. Hal tersebut merupakan kelangkaan yang terjadi akibat penggunaan bahan bakar yang berlebihan. Cara mengatasi kelangkaan ekonomi tersebut yaitu diperlukan sumber daya lain yang bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan BBM.

2. Kurangnya tenaga yang Handal

Kedua ada contoh kelangkaan sumber daya manusia. Akibat kurangnya tenaga ahli mengakibatkan perusahaan di Indonesia banyak yang mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri. Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak, namun karena kurangnya modal dan teknologi menyebabkan pengelolaan sumber daya dilakukan dengan menggunakan tenaga ahli luar negeri.

Beberapa perusahaan mengatakan jika kekurangan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal tersebut karena masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang menjadikan langkanya sumber daya manusia yang berkualitas.

Baca tentang penyebab kelangkaan sumber daya alam di Indonesia.

3. Kelangkaan Air Bersih di Berbagai Daerah

Ketika musim kemarau, banyak daerah di Indonesia yang mengalami kekurangan air bersih karena sumur mereka yang kering. Hal tersebut merupakan salah satu contoh kelangkaan sumber daya alam yang sering terjadi di Indonesia. Akibatnya masyarakat harus menunggu pasokan air bersih untuk beraktivitas. Adanya kelangkaan air membuat kegiatan produksi menjadi terhambat seperti sawah yang kering membuat petani menjadi sulit bekerja.

Di beberapa daerah, air biasanya langka karena adanya kebiasaan buruk membuang sampah di sungai. Akibatnya air menjadi tercemar dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, butuh kesadaran pentingnya menjaga lingkungan dan sumber daya alam agar dapat mengatasi kelangkaan tersebut.

4. Langkanya Batu Bara

Batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Batu bara biasanya digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan bahan bakar cair. Karena sering digunakan, batu bara menjadi langka. Untuk itu perlu pencarian energi alternatif lain pengganti batu bara agar batubara tidak semakin langka.

5. Langkanya Lapangan Kerja

Akibat pertumbuhan penduduk yang sangat cepat dan minimnya pendidikan mengakibatkan kelangkaan lapangan kerja.  Selain itu, karena sedikitnya lapangan kerja juga menimbulkan banyak masyarakat yang menganggur. Oleh karena itu, dibutuhkan program KB agar tidak terjadi ledakan jumlah penduduk serta sosialisasi pentingnya pendidikan.

6. Kelangkaan Bahan Pangan

Kondisi alam juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kelangkaan. Misal kekeringan dan banjir. Akibat adanya kekeringan menyebabkan petani gagal panen cabai, sehingga menyebabkan harga jual cabai melambung tinggi.

Belum lagi pencemaran air menyebabkan ikan ikan mati mengakibatkan penurunan ekonomi pada sektor perikanan. Akibat kurangnya infrastruktur juga menyebabkan kurangnya pendistribusian bahan makan di daerah terpencil sehingga banyak yang mengalami kelangkaan bahan pangan di sana.

Baca tentang cara mengatasi kelangkaan sumber daya.

7. Masih Sedikitnya Wirausaha di Indonesia

Untuk menjadi seorang pengusaha memang dibutuhkan keahlian kewirausahaan yang baik dan modal. Kurangnya pendidikan dan ketertarikan masyarakat Indonesia pada bidang kewirausahaan mengakibatkan semakin langkanya sumber daya kewirausahaan di Indonesia.

Padahal dengan meningkatnya wirausaha, maka akan semakin memperluas lapangan kerja dan membantu mengurangi jumlah pengangguran. Kurang minatnya masyarakat pada sektor ekonomi tertentu seperti peternakan juga mengakibatkan langkanya bahan seperti produksi daging yang ikut berkurang.

Itulah beberapa contoh dari adanya kelangkaan ekonomi. Kelangkaan sendiri memang terjadi karena kebutuhan manusia yang selalu bertambah namun sumber daya terbatas. Untuk itu, Anda bisa lebih memperhatikan lagi ketika akan menggunakan sumber daya alam agar bisa mengurangi dampak dari kelangkaan tersebut.

Contoh kelangkaan ekonomi juga pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Oleh karena itu perlu adanya kerja sama antar sesama manusia agar semua kebutuhan bisa tercukupi tanpa menimbulkan masalah besar ke depannya. Anda bisa memulai dari hal kecil seperti melestarikan sumber daya alam dengan melakukan reboisasi, meningkatkan keterampilan dan bekerja keras.