10 Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan adalah suatu kondisi dimana kebutuhan manusia selalu meningkat namun alat pemuas kebutuhan manusia terbatas.

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang selalu bertambah namun dengan adanya sumber daya yang terbatas maka terjadilah kelangkaan.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kelangkaan. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara, berikut ini cara mengatasi kelangkaan ekonomi.

Macam Macam Kelangkaan Ekonomi

Adanya kelangkaan juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perbedaan kondisi geografis, sumber daya alam yang terbatas, sumber daya manusia yang kurang, pertumbuhan penduduk yang pesat, bencana alam dan lain sebagainya.

Hal tersebut menyebabkan terjadinya kelangkaan. Ada beberapa jenis, contoh kelangkaan yang perlu Anda ketahui, berikut ulasannya.

1. Kelangkaan Sumber Daya Manusia/ SDM

Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya manusia namun memiliki minim sumber daya manusia yang berkualitas. Padahal dibutuhkan banyak tenaga kerja dari SDM yang berkualitas guna meningkatkan kualitas ekonomi. Akibatnya banyak perusahaan di Indonesia yang memilih menggunakan tenaga ahli dari luar negeri.

Baca tentang contoh kegiatan ekonomi dari sumber daya alam.

2. Kelangkaan Sumber Daya Alam/ SDA

Selanjutnya ada kelangkaan sumber daya alam. Sumber daya alam merupakan segala yang ada di alam yang merupakan pemberian tuhan baik sumber daya biotik maupun abiotik yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Namun jika sumber daya alam ini terus menerus digunakan, tentu bisa menjadikan sumber daya alam menjadi terbatas atau langka sehingga terjadilah kelangkaan sumber daya alam.

3. Kelangkaan Sumber Daya Modal

Selanjutnya ada kelangkaan sumber daya modal. Sumber daya modal merupakan sarana atau sumber daya yang dihasilkan manusia guna menghasilkan sarana lain atau mempermudah proses produksi. Sumber daya modal ini termasuk terbatas atau langka karena kemampuan manusia dalam menghasilkan modal yang terbatas.

4. Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan

Terakhir ada kelangkaan sumber daya kewirausahaan. Salah satu sumber daya ekonomi yang langka adalah sumber daya kewirausahaan. Sumber daya ini termasuk langka karena tidak semua orang bisa menjadi seorang pengusaha. Sebab untuk bisa menjadi pengusaha dibutuhkan modal dan keahlian.

Itulah beberapa jenis kelangkaan dari sumber daya ekonomi. Namun kelangkaan tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi Kelangkaan Ekonomi

Dampak dari kelangkaan ekonomi yang mungkin Anda rasakan antara lain yaitu seperti naiknya harga jual, kegagalan pasar potensial, kelangkaan dan lainnya. Hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara. Misalnya yaitu dengan menghemat penggunaan sumber daya alam.

1. Kelangkaan Sumber Daya Alam

Cara mengatasi kelangkaan sumber daya alam diantaranya:

  1. membuat rencana taktis untuk melestarikan sumber daya alam
  2. menghemat pemakaian sumber daya alam
  3. menciptakan alat pemuas kebutuhan yang baru
  4. mencari barang pengganti atau barang subtitusi
  5. melakukan daur ulang, seperti reboisasi

Dengan penggunaan yang terus menerus dalam jumlah besar menyebabkan SDA menjadi langka, oleh karena itu dibutuhkan penghematan dalam menggunakan SDA.

Penghematan bisa dilakukan dengan bijaksana dalam mengeksploitasi SDA. Cara lainnya yaitu dengan menciptakan alat pemuas kebutuhan yang baru atau dengan barang pengganti.

Cara ini bisa digunakan untuk mengatasi kelangkaan dengan membuat barang yang dulunya dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui dan menggantinya bahan yang bisa diperbaharui.

Kegiatan melestarikan seperti reboisasi, terasering atau melakukan daur ulang juga bisa mengatasi masalah kelangkaan SDA. Kegiatan daur ulang merupakan suatu tindakan memanfaatkan kembali limbah dan menjadikannya barang baru.

Dengan adanya kegiatan daur ulang tentu akan mengurangi kegiatan penggunaan SDA sehingga bisa memperlambat kelangkaan.

2. Kelangkaan Sumber Daya Manusia Berkualitas

Untuk cara mengatasi kelangkaan sumber daya manusia yang berkualitas bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti:

  1. meningkatkan kualitas pendidikan.
  2. sering mengadakan pelatihan tenaga kerja dan keterampilan
  3. memberikan motivasi kepada karyawan
  4. memberikan seminar dan sosialiasai terkait penggunaan teknologi
  5. membangun tempat-tempat penelitian

Salah satu faktor yang bisa menjadikan SDM yang berkualitas yaitu dengan pendidikan yang tinggi. Untuk itu, dibutuhkan peningkatan kualitas pendidikan sehingga dapat mengatasi kelangkaan SDM yang berkualitas.

Menyelenggarakan pelatihan tenaga kerja dan keterampilan. Untuk menghasilkan barang atau produk yang berkualitas tentu dibutuhkan pekerja dengan keterampilan yang baik dan sesuai bidangnya.

Untuk itu, dengan adanya pelatihan keterampilan akan meningkatkan kemampuan pekerja sehingga bisa meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Untuk cara mengatasi kelangkaan sumber daya modal, maka dibutuhkan kemauan yang kuat serta kerja keras sehingga dapat menghasilkan sumber daya modal yang banyak seperti modal fisik dan uang.

Kelangkaan merupakan masalah ekonomi yang memberikan dampak yang sulit untuk kegiatan ekonomi manusia. Hal tersebut dipengaruhi banyak sekali faktor seperti geografis, sumber daya alam sehingga terjadi kelangkaan.

Dari keempat jenis kelangkaan yang telah disebutkan di atas bisa diatasi dengan kemauan manusia yang kuat baik untuk meningkatkan sumber daya alam, modal, manusia maupun kewirausahaan.

Anda bisa melakukan cara mengatasi kelangkaan untuk meningkatkan sumber daya alam seperti melakukan reboisasi, melestarikan lingkungan sehingga sumber daya alam bisa lestari dan tidak langka.

Untuk melakukan cara mengatasi kelangkaan ekonomi dibutuhkan kerja sama sesama manusia untuk menyadari pentingnya meningkatkan sumber daya ekonomi baik melestarikannya, menghemat atau meningkatkannya agar dampak dari kelangkaan sumber daya bisa diatasi dan kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan lancar.

close